Packing Untuk Musim Panas di Eropa

Memang sih harusnya packing untuk liburan musim panas di Eropa itu gampang yah. Gimana gak gampang, kita orang Indonesia kan setiap hari mainnya panas-panasan. Saya pun mikirnya begitu waktu mau keliling di saat musim panas.

Ah gampang, musim panas itu keahlian gw.

Tapi ternyata saya salah, karena musim panas di Eropa itu sedikit berbeda dengan musim panas di Indonesia. Tergantung sih kemana anda pergi, namun saya merasa rata-rata di sana panasnya lebih nyentrong daripada di Indonesia dan juga lebih kering. Kalau di Indonesia saya paling gak tahan dengan kelembapannya yang luar biasa, nah kalau di Eropa saya gak tahan dengan keringnya. Serba salah yah.

Sebelum berlanjut baca, perlu saya jelaskan bahwa saya bukan fashionista. Saya gak terlalu suka dandan dan pakai baju yang keren apalagi saat bepergian. Saya tipe praktikal, jadi pakaian saya sederhana saja, jadi ini bukan post fashion yaaa.

Beberapa hal ini yang menurut saya penting untuk diperhatikan jika mau liburan ke Eropa di saat musim panas.

Sepatu

Dulu saya pikir sandal sangat cukup untuk dipakai saat musim panas. Ya kan enak, adem dan enteng. Nah tapi ternyata gak juga lho. Saya bawa sandal Birkenstock, yang menurut saya gak terlalu ringkih dan bisa dibuat jalan jauh, bahkan hiking ringan. Tapi setelah memakai sandal ini beberapa hari kaki saya langsung gosong. Namanya juga saat liburan ingin keluar terus ya, jadi wajar kalau kaki gosong dan jelas ini tidak saya perhitungkan.

Selain gosong, kaki saya jadi sangat sangat kotor karena waktu itu saya pergi ke Athena untuk melihat reruntuhan (Akropolis, Parthenon, dll) dan lokasi ini lumayan berdebu. Jadi lah kaki saya kotor dengan debu dan malah jadi tidak nyaman untuk jalan.

Athena adalah salah satu kota tua favorit saya, tempat-tempat wisatanya memukau banget tapi rata-rata tanahnya sangat berdebu, jadi lah kaki saya kotor luar biasa karena pakai sandal

Akhirnya saya beli sepatu (yang mirip Converse). Sebenarnya saya gak terlalu suka pakai sepatu seperti ini tapi karena waktu itu tidak banyak pilihan. Memakai sepatu ini jadi lumayan menolong saya tapi kalau sekarang mungkin saya akan lebih memilih memakai sepatu tipe alpargatas (seperti Wakai/Toms) untuk jalan-jalan dan sandal untuk ke pantai.

Celana

Pokoknya kalau musim panas, celana pendek wajib saya bawa. Saya memang favorit banget pakai celana pendek karena gak memakan banyak tempat di koper dan juga nyaman sekali dipakai kemana pun.

Namun dari pengalaman saya, celana pendek gak selalu bisa dipakai kemana saja. Contohnya saat ke Vatikan dan juga ke salah satu gereja di Barcelona, terlihat pengumuman bahwa dilarang masuk jika memakai celana pendek dan juga baju terbuka. Untuk beberapa tempat, disewakan syal tapi kan ya sayang juga ya harus keluar uang untuk masalah sepele.

Gara-gara saya dan teman saya cewek yang di foto ini memakai celana pendek, kami berdua tidak bisa masuk ke dalam Katedral yang di belakang kami

Maka dari itu, jika sudah membuat rencana untuk ke beberapa tempat, sebaiknya dilihat terlebih dahulu dresscodenya. Jika memang tetap ingin memakai celana pendek, bawalah syal yang besar agar bisa dipakai sebagai sarong. Kalau saya lebih memilih untuk memakai celana kain katun yang sekarang lagi populer banget. Saya suka banget celana kain karena bahannya adem, selain itu memakai celana ini jadi membuat kaki kita terlindungi dari sinar matahari yang bisa sangat menyengat.

Atasan

Kalau musim panas, yang paling pas untuk saya yang t-shirt katun atau tank top. Persoalannya dengan atasan yang terbuka, sering sekali bahu saya gosong terkena sinar matahari, untuk itu saya selalu beri sunscreen.

Apabila saya pergi ke destinasi yang banyak pantainya, saya selalu pakai baju renang di bawah atasan saya. Alasannya supaya saat tiba di pantai bisa langsung buka baju dan gak perlu repot-repot cari kamar ganti. Sepertinya memang lebih baik selalu bawa baju renang saat di destinasi-destinasi ini.

Di Santorini selalu saya usahakan memakai baju renang, just in case akan ke pantai

Seperti saat saya di Santorini, saya lupa bawa baju renang dan tanpa rencana ternyata saya diajak berenang dengan teman, yah akhirnya saya terpaksa tidak ikut karena tidak bawa. Nah ini menjadi catatan untuk saya, sebaiknya selalu membawa baju renang walaupun tidak ada rencana untuk ke pantai. Oh ya, saya juga merasa lebih enak pakai bikini atau baju renang yang two piece. Baju renang yang seperti ini lebih memudahkan untuk ganti. Kalau bisa bawa beberapa biji sekalian, jadi kalau ingin beach hopping bisa langsung pakai yang kering.

Lain-lain

Untuk tempat-tempat yang super panas, misalnya Spanyol dan Yunani, saya sarankan untuk membawa topi. Saya selalu usahakan bawa topi, kalau lupa ya beli yang ada. Saya tipe yang tidak tahan panas matahari di kepala, rasanya kalau sudah kepanasan jadi pusing sekali. Maka dari itu topi sangat penting untuk saya.

Walaupun musim panas, saya juga selalu bawa syal yang tipis. Syal ini multi fungsi banget, bisa untuk macam-macam. Nah kalau ke destinasi pantai saya cenderung bawa sarong yang bisa dipakai untuk alas di pantai atau juga dipakai sebagai sarung sederhana.

Walaupun musim panas di Lisbon gak terlalu menyengat, tetap saja terasa lumayan panas saat melakukan walking tour. Maka itu saya selalu sedia topi.

Jangan lupa untuk bawa sunscreen dan juga after sun lotion. Saya suka yang ada aloe veranya karena menyejukkan di kulit yang seharian abis kena matahari. Beberapa teman saya juga memakai kacamata hitam, saya gak terlalu sering pakai kacamata hitam karena saya lebih suka pakai kacamata ketimbang memakai contact lense. Pernah saya punya kacamata hitam yang sudah ada ukurannya namun tetap tidak nyaman. Beberapa tahun ini adik saya memakai contact lense dan ternyata sekarang sudah ada contact lense custom yang ada silindernya (dulu saya pernah cari, memang ada tapi harganya mahal banget sekarang harganya sudah mulai terjangkau) jadi untuk ke depannya mungkin saya akan mempertimbangkan opsi ini. 

Saya juga gak lupa pakai lipbalm dan moisturizer karena udara yang kering bikin kulit saya (yang cenderung kering) tambah kering.

Di tas saya juga selalu ada tas kain kecil yang bisa dipakai apabila saya ingin beli ini itu dan gak cukup di tas yang saya bawa. Lebih baik bawa tas seperti ini daripada tas plastik kan?

Nah kira-kira ada yang kelewatan gak ya saya?


#CeritaJalanAsik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by Jalan2Liburan, Nyonya Sepatu and Dream Explore Wander. Check out our posts every Wednesday!

This week’s theme: Packing Tips and Tricks

2 Comment

  1. Baju renang two piece itu penting untuk di pantai. Karena kalo ada pasir nyangkut di bagian perut atau punggung bawah, gampang garuk-garuknya booo

    1. Nahhhh bener banget. Gw sebel pake one piece karena kalau panas banget juga ga nyaman kan, trus susah mau ganti2nya juga.

Leave a Reply